About
Belajar Desain Grafis Seru dan Menarik, Explore semua artikel disini Gratis...

Cara Membuat Tulisan di coreldraw

Baca Juga

Advertidement
Tutorial desain grafis - cara membuat text
Jika kamu pernah melihat sebuah desain tentu kamu akan melihat text pada desain tersebut. Fungsi tulisan pada sebuah desain adalah untuk menyampaikan informasi pada desain yang di buat. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat tulisan di coreldraw.

Tutorial Desain grafis ini merupakan tutorial yang sangat penting buat kamu yang pertama kali belajar desain grafis. Cara membuat tulisan di coreldraw ini sangatlah mudah tapi kalau kamu baru belajar pasti akan bingung. Pada program coreldraw membuat sebuah tulisan pasti berbeda dengan menggunakan program office. Jadi mari kita mulai tutorialnya.

Cara Membuat Tulisan menggunakan text tool

Pada program desain grafis coreldraw kita harus selalu menggunakan tool untuk membuat sesuatu, salah satunya adalah tulisan. Untuk membuat tulisan kita bisa gunakan text tool. Bentuk ikon toolnya adalah huruf A lihat gambar di bawah ini.

Cara penggunaanya sangat mudah silahkan pilih text tool dengan mengklik icon huruf A pada gambar di atas atau kalian bisa tekan tombol F8. Kemudian klik pada area kerja coreldraw, maka akan muncul kursor text seperti yang ada pada MS word. Kalian bisa mulai mengetik sebuah text.

Setelah selesai mengetik klik pada tool selection untuk menonaktifkan text tool. Untuk membuat tulisan lainnya gunakan cara seperti yang tadi.

Mengedit tulisan

Kalian bisa mengedit tulisan yang telah di buat misalnya memperbesar text, memperkecil, memutar, mengganti jenis font dll. Berikut beberapa cara untuk mengedit text yang telah kalian buat.
Tutorial Coreldraw - cara membuat text

1. Memperbesar atau memperkecil text

Untuk memperbesar tulisan kalian bisa gunakan font size yang ada diproperti bar. lihat point 1 pada gambar di atas.  Selain itu kalian bisa melakukan transform menggunakan selection tools dengan cara meletakkan kursor pada sudut lalu drag ke atas atau kebawah.

2. Mengganti jenis font

Pada sebuah desain tentu kita ingin menggunakan font yang bagus. Untuk mengganti jenis font kalian bisa ubah pada font list yang ada di properti bar letaknya berdampingan dengan font size. lihat point 2 pada gambar. Pilih font sesuai keinginan kalian.

3. Bold, Italic dan Underline

Pada fasilitas text di coreldraw kalian bisa membuat text menjadi huruf tebal, miring dan garis bawah dan kalian bisa lihat pada point 3 pada gambar di atas.

4. Perataan Text

Untuk perataan text di coreldraw ada banyak jenis perataan text.  Bisa kalian gunakan Align left, center, right, full justify dan force justify silahkan lihat point 4 pada gambar di atas.

Oke mungkin itu saja tutorial desain grafis yang aku share pada kesempatan kali ini. Jika kalian memiliki cara lain yang mungkin aku lupa menulisnya tentang cara membuat tulisan di coreldraw, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.
Advertidement

No comments : Jadilah Yang Pertama Menulis Komentar Di Artikel Ini

Post a Comment