About
Belajar Desain Grafis Seru dan Menarik, Explore semua artikel disini Gratis...

Fungsi Selection Tool pada Program desain grafis Adobe Illustrator

Baca Juga

Advertidement
Oke pada tutorial desain grafis Kali ini aku akan Membahas Secara Khusus tentang Selection Tool, Karena Selection Tool bisa menjadi multifungsi untuk mengolah objek pada program desain Grafis Adobe illustrator. Jika kamu belum tau tentang Selection Tool Silahkan kamu baca dulu artikel ini Mengenal Fungsi Tools Pada Adobe Illustrator Nah kalo sudah di baca tentu kamu sudah tau fungs utama selection tool adalah untuk menyeleksi objek.

Nah pada tutorial desain grafis ini aku akan membahas selain berfungsi untuk menyeleksi objek untuk apa aja sih fungsi selection tool ini.
Fungsi Selection Tool pada Program desain grafis Adobe Illustrator

1. Untuk Menyeleksi Objek
Pada saat kita membuat sebuah desain tentu kita harus mengedit objek objek tertentu untuk kita beri sesuatu yang menarik misalnya kita ingin memberikan warna pada objek, Maka ketika kita akan memberikan warna pada suatu objek tertentu kita harus menyeleksi atau memilih objek tersebut.


2. Menggeser Posisi Objek
Selection Tool Berfungsi untuk mengeser atau memindahkan posisi objek. Kita bisa memindahkan objek dan menempatkan objek pada posisi yang kita inginkan caranya tinggal klik kemudian geser posisinya sesuai keinginan.

3. Untuk Mmperbesar dan memperkecil Objek
Nah dengan Selection tool Kita bisa gunakan untuk memperbesar Objek Secara manual Karena biasanya untuk memperbesar objek kita bisa menggunakan Scale namun dengan selection tool kita juga bisa memperbesar atau memperkecil Objek caranya gampang banget Arahkan Kursor Selection Tool pada Titik Point Kemudian klik dan Tarik Kelukear untuk memperbesar objek dan tarik kedalam untuk memperkecil Objek ada 8 titik point yang bisa kamu gunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek lihat gambar di bawah ini


4. Untuk Memutar Objek 
Selain untuk memperbesar atau memperkecil objek Selection tool juga bisa untuk memutar objek atau rotate secara manual Caranya Letakkan kursor di sudut objek hingga kursoe membentuk tanda panah melengkung lalu klik dan putar ke arah yang di inginkan silahkan lihat gambar di bawah ini

5. Untuk membuat Rounded Rectangle
Pada Objek berbentuk kotak atau rectangle kita bisa membuat rounded atau garis lengkung pada sudut obek menggunakan selection tool Caranya Klik pada titik point yang ada di dalam objek lalu tarik ke dalam hingga sudut lancip objek sehingga membentuk setengah lingkaran lihat gambar di bawah ini
Nah demikian Tutorial Dasar Desain Grafis Adobe Illustrator yang saya berikan Jika kalian Punya ide lain tentang Selection Tool silahkan Tuliskan di kotak Komentar di bawah artikel ini atau kalian ingin memberikan kritik dan saran Agar blog ini lebih baik. Terima Kasih telang berkunjung Selamat Belajar desain grafis dan selamat mencoba.
Advertidement

No comments : Jadilah Yang Pertama Menulis Komentar Di Artikel Ini

Post a Comment