About
Belajar Desain Grafis Seru dan Menarik, Explore semua artikel disini Gratis...

Pengenalan Adobe Photoshop

Advertidement
Pengenalan Adobe Photoshop Adobe photoshop merupakan salah satu program desain grafis yang banyak di gunakan untuk mengolah efek dan manipulasi poto. Program ini pada awalnya banyak digunakan untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Seiring perkembangannya photoshop kini juga digunakan untuk merancang desain webste. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.

Dikutip dari wikipedia.org bahwa Pengembangan photoshop Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

Photosop memiliki beberapa versi dari paling awal hingga terbaru, versi adobe photoshop terbarunya adalah Versi 14 (CC) yang dirilis pada tahun 2014 kemaarin dan tentunya photoshop akan terus memberikan versi terbarunya.

Photoshop memiliki mode warna
  1. RGB color model
  2. Lab color model
  3. CMYK color model
  4. Grayscale
  5. Bitmap
  6. Duotone
Photoshop memiliki format file antara lain :
  • .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  • .PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
  • .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.
Advertidement

Baca Juga

No comments : Jadilah Yang Pertama Menulis Komentar Di Artikel Ini

Post a Comment